Model-Model Komunikasi Bisnis yang Efektif di Era “New Normal”

Authors

  • Agus Srimudin
  • Nanda Syukerti

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Komunikasi Media dan Digital, Pandemi Covid-19, Era New Norma, Komunikasi Efektif, Model-Model Komunikasi

Abstract

Komunikasi memiliki peran strategis dalam dunia bisnis. Dunia saat ini tengah mengalami “guncangan” akibat Pandemi Coronavirus 2019 (Covid-19). Indonesia juga mengalami dampak yang sangat besar akibat Pandemi yang “meluluhlantakkan” semua sendi kehidupan manusia. Tidak hanya bidang kesehatan, tetapi bidang ekonomi bisnis juga mengalami krisis hebat. Ribuan perusahaan kolaps (bangkrut), kemudian muncul jutaan pengangguran baru. Namun, kita tidak boleh kalah dengan keadaan. Bila kita bisa bangkit, kita akan berada pada era normal baru “new normal”. Era baru yang akan memberi harapan besar terhadap kebangkitan kehidupan masyarakat. Bagaimana cara agar cepat bangkit pada era “new normal” pasca Pandemi ini? Salah satu yang dapat dilakukan oleh dunia bisnis ialah mencari inovasi baru, kreasi baru dan melakukan kolaborasi dengan mengembangkan model-model komunikasi bisnis yang efektif. Komunikasi bisnis yang dikolaborasikan dengan komunikasi massa bermedia digital menjadi salah satu terobosan untuk menuju “new normal”.  

Downloads

Published

2021-02-06

How to Cite

Agus Srimudin, & Nanda Syukerti. (2021). Model-Model Komunikasi Bisnis yang Efektif di Era “New Normal”. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 1(1). Retrieved from https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/208