Efektivitas Media Komunikasi bagi Petani padi di Kecamatan Gandus Kota Palembang (Kasus Program Ketahanan Pangan di Kecamatan Gandus)

Authors

  • Rahmah Awaliah Universitas Sumatera Selatan
  • Ninuk Purnaningsih
  • Djoko Susanto

DOI:

https://doi.org/10.56869/kaliagri.v1i1.27

Keywords:

efektivitas, media komunikasi, petani padi, ketahanan pangan

Abstract

Media komunikasi adalah saluran atau jalur yang dilalui pesan untuk sampai ke khalayak. Komunikasi menjadi efektif jika berdampak pada tercapainya pengetahuan, sikap dan tindakan. Pada efek kognitif meliputi peningkatan kesadaran, pembelajaran dan pengetahuan tambahan. Afektif mencakup efek yang terkait dengan emosi, perasaan, dan sikap. Konatif mencakup efek yang terkait dengan perilaku dan niat untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas media komunikasi petani padi, 2) mengukur efektivitas media komunikasi bagi petani padi, 3) ) Menganalisis hubungan antara keterpaparan media dengan keefektifan komunikasi media, 4) Menganalisis keterkaitan antara evaluasi media komunikasi dengan efektivitas komunikasi media. Lokasi pengambilan sampel ditentukan secara purposive. Jumlah petani 76 diambil secara simple random sampling. Temuan penting penelitian ini adalah: 1) Faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas media komunikasi bagi petani padi adalah umur, pengalaman, paparan televisi, dan evaluasi interpersonal media, 2) Ketahanan pangan di Gandus tergolong dalam kategori baik.

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Rahmah Awaliah, Ninuk Purnaningsih, & Djoko Susanto. (2020). Efektivitas Media Komunikasi bagi Petani padi di Kecamatan Gandus Kota Palembang (Kasus Program Ketahanan Pangan di Kecamatan Gandus). KaliAgri Journal, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.56869/kaliagri.v1i1.27