Pelayanan Penumpang di Darat dan di Laut Cepat Express Bahari II C Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Palembang

Authors

  • Geeta Fedriani Akademi Maritim Bina Bahari
  • Merry Safrina Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Bina Bahari
  • Maya Apriana Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Maritim Bina Bahari

DOI:

https://doi.org/10.56869/jmec.v3i1.532

Keywords:

Pelayanan, Transportasi, SOP, Darat, Kapal

Abstract

Kebutuhan akan sarana transportasi dikota Palembang dari waktu kewaktu terus mengalami kenaikan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa trasportasi terutama angkutan penyeberangan sehingga bertambah pula intentitas pengerakan antar pulau di kota Palembang. Seiring meningkatnya penduduk, maka dituntut tersedianya angkutan penyeberangan yang melayani antar pulau dan telah memenuhi syarat kelancaran, kenyamanan dan keamanan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Prosedur Pelayanan Penumpang di darat Dan di kapal Cepat Express Bahari II C Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Palembang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat alur proses pelayanan penumpang di darat dan di kapal express bahari, yang mana perusahaan  melayani transprotasi kapal yang memiliki tujuan dari Palembang ke Mentok. Dengan adanya beberapa prosedur yang dilakukan mulai dari prosedur tiket sampai ke kapal sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP) dan sudah dijalani dengan baik oleh pihak perusahaan.

References

Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Gabungan. Jakarta : prenadamedia group

Arikunto. (2016). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell John. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Fatimah. (2019). Pengantar Transportasi. Ponorongo: Myria Publisher.

Fuad, Anis & Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

J. Bazarah, A. Jubaidi, dan D. F. Hubaib. (2021). Konsep Pelayanan Publik di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Jurnal Dedikasi, 22(2), 105-122.

Manullang, Dharma. (2007). Kajian Tingkat Pelayanan Penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan. Jurnal Ilmiha Manajemen Bisnis, 7(3), 145-168.

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moenir. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Untuk Pelayanan Publik. Surabaya : Tim Ebook Airlangga University Press.

Pasalong. (2019). Faktor Pengaruh Kebijakan Keterbukaan Informasi & Kinerja Pelayanan Publik. Jakarta : CV Budi Utama.

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. lembaran Negara RI Tahun 2008 Nomor 64. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pratama. (2021). Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Angkutan Penumpang di Pelabuhan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli–Nias. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

S. Rianti, Z. Rusli, dan D. F. Yuliani. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(3), 412-419.

Sarosa, S. (2017). Penelitian Kualitatif; Dasar- Dasar (2nd Ed.). jakarta: Indeks.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, Eko Putra. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: pustaka Pelajar.

Yasin, F., Kamma, A., & Baharuddin, I. (2023). Implementasi Standar Pelayanan Penumpang Transportasi Laut di Pelabuhan Speed Boad Loleo Rute Loleo –Tidore Pada Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 260-267. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813539

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Geeta Fedriani, Safrina, M., & Apriana, M. (2024). Pelayanan Penumpang di Darat dan di Laut Cepat Express Bahari II C Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Palembang. Journal of Management, Entrepreneur and Cooperative, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56869/jmec.v3i1.532

Issue

Section

Articles