Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Minimarket Alfamart Kota Palembang

Authors

  • Dika Setiagraha Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Mahmud Junianto Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ulfah Muharramah Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.56869/jmec.v2i2.509

Keywords:

Green Marketing, Niat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green marketing terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian di Minimarket Alfamart kota Palembang. Pada penelitian ini menggunakan green marketing sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen dan niat beli sebagai variabel intervening. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif, dan juga menggunakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Palembang yang memiliki pengalaman berbelanja di Alfamart. Data dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling dan metode kuesioner, sehingga diperoleh sampel sebanyak 106 responden. Teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 4 digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Green marketing berpengaruh secara langsung terhadap niat beli. Niat beli berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Green marketing tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan membeli. Sedangkan green marketing melalui niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abdillah & Jogiyanto. (2011). Partial Least Square (PLS), Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Buku). Andi Yogyakarta.

Alfamart, Annual Report and Sustainability Report 2022, https://alfamart.co.id/investor-area/laporan-tahunan. Diakses pada 29 Juli 2023, pukul 13:56.

Ansar, N. (2013). Impact of Green Marketing on Consumer Purchase Intention, Mediterranean Journal of Social Sciences (online), 4(11), pp. 650-655. Available at: http://www.mcser.org/journal/index.php/mjss/article/ viewFile/1352/1380.

Dimilna, R., Nengsih, T. A., & Ningsih, P. A. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Eco Bag Di Indomaret (Studi Pada Indomaret Nusa Indah Kota Jambi). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(2), 21-36.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

FuiYeng, W., & Yazdanifard, R. 2016. Green Marketing: A Study of Consumers’ Buying Behavior in Relation to Green Products. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing.

Gultom, D. N., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tepung Terigu Bogasari Di DKI Jakarta). Jurnal Pemasaran Kompetitif.

Hawkins, D.I., and Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Build-ing Marketing Strategy, 11th Edition. Boston: Irwin/McGraw-Hill.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/komposisi. Diakses pada 29 Juli pukul 13:00.

Kotler, Amstrong. (2016). Principles of Marketing, Sixteenth Edition Global Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kusuma, E. I., Surya, D., & Suhendra, I. (2017). Pengaruh strategi green marketing dan pengetahuan lingkungan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(1).

Mahendra, D. F., & Nugraha, A. K. N. A. (2021). Green Marketing dan CSR terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1), 28–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH

Peraturan Gubernur Sumatera Selatan No. 23 Tahun 2021 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai.

Rizal, Minimarket Modern di Palembang Makin Menjamur. https://sumselupdate.com/minimarket-modern-di-palembang-makin-menjamur/. Diakses pada 30 Juni 2023, pukul 15:34.

Shaputra, Rizky Kharismawan. "Penerapan green marketing pada bisnis produk kosmetik." Jurnal Jibeka 7, no. 3 (2013): 47-53.

Utomo, A. Z., & Dwiyanto, B. M. (2022). Pengaruh Green Marketing Dalam Sosialisasi “Diet Kantong Plastik” Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Eco Bag (Tas Belanja Ramah Lingkungan) Alfamart Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Alfamart di Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Setiagraha, D., Junianto, M., & Muharramah, U. (2023). Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Minimarket Alfamart Kota Palembang. Journal of Management, Entrepreneur and Cooperative, 2(2), 82–91. https://doi.org/10.56869/jmec.v2i2.509

Issue

Section

Articles