Pengaruh Harga, Minat dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Selatan)

Authors

  • Santi Oktavianti Universitas Sumatera Selatan
  • Rikkie Dekas Universitas Sumatera Selatan
  • Noprian Universitas Sumatera Selatan
  • Teuku Muhammad Haqiqi Universitas Sumatera Selatan
  • Tengku Malinda Universitas Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56869/jmec.v2i2.507

Keywords:

harga, minat, periklanan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Minat dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame dengan studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sampel sebanyak 215 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, pengujian kelayakan model dan pengujian hipotesis dengan bantuan SPPS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1), minat (X2) dan iklan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (Y) untuk produk Oriflame

References

Andita, A. C. (2017). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsume (Studi Kasus Pada Mahasiswa Konsumen Isoplus Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Manajemen, 1–102.

Azizah, F. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik You Di Toko Nurul Martapura. 05(3), 1–14. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/6293/

Bakti, U., Hairudin, & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Indonesia, 1(1), 1–16.

Ciawi, C. (2016). Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian minute maid pulpy orange pada stasiun televisi nasional.

Himawan, S. Y., & Harnaji, B. (2021). Pengaruh Iklan , Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea ( Survei pada Mahasiswi Pengguna Produk Nivea di Kota Yogyakarta ).

Jayanti, Dwi, Ratna; Zuhri, Zalaluddin, M. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 33–46.

Miftach Rizqillah & Putu Hari Kurniawan. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby Di Kota Batam. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Nulufi, K. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono).

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Philip Kotler & Gerry Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15 th edition. Pearson Pretice Hall, New Jersey.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM. Erlangga, Jakarta.

Purnama, A. H., & Permatasari, I. R. (2018). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Aulya Kediri. Akutansi Dan Ekonomi Bisnis, 4(1), 345–348.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Ritonga, H. M., Sc, M. M., Fikri, M. El, Siregar, N., Agustin, R. R., Sos, S., & Hidayat, R. (2018). Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori & Strategi. Forum Pemuda Aswaja, Nusa Tenggara Barat.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Oktavianti, S., Dekas, R., Noprian, Teuku Muhammad Haqiqi, & Malinda, T. (2023). Pengaruh Harga, Minat dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Selatan). Journal of Management, Entrepreneur and Cooperative, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.56869/jmec.v2i2.507

Issue

Section

Articles