NILAI DAN UNSUR KEBUDAYAAN PADA POSTER FILM COCO (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Film Coco)

Authors

  • Diah Utari Dewi Sulistyaningrum FSBK, Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan
  • Sabri Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.56869/jikoba.v4i1.496

Keywords:

Poster, Coco, Semiotic, Culture, Roland Barthes

Abstract

Abstract

There are many media that are useful for conveying messages and information, one of which is the poster. Posters are works of art in the form of images or letters that intend to provide information and ensure that the message and information are correctly understood by the audience, including in promoting a movie. Promoting a movie that will be shown with a movie poster will undoubtedly help the movie become better known and serve as the identity of the production. This research aims to examine and interpret the meaning contained in the coco movie poster. By using descriptive qualitative research methods with semiotics from Roland Barthes to help examine the sign elements and visual elements on the poster. The research results of the semiotic analysis of this poster contain visual elements or images on the poster have denotation, connotation, and mythical meanings related to Mexican culture and visual elements in the poster also provide a little description of the storyline of this movie.

Keywords: Poster, Coco, Semiotic, Culture, Roland Barthes

 

ABSTRAK

Terdapat banyak media yang berguna untuk menyampaikan pesan dan informasi, salah satunya adalah poster. Poster adalah karya seni berupa gambar atau huruf yang bermaksud memberikan informasi dan memastikan pesan dan informasi tersebut dipahami dengan benar oleh audiens termasuk dalam mempromosikan sebuah film. Mempromosikan sebuah film yang akan ditayangkan dengan poster film tidak diragukan lagi akan membantu film tersebut menjadi lebih dikenal dan berfungsi sebagai identitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menafsirkan makna yang terkandung pada poster film coco. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan semiotika dari Roland Barthes untuk membantu mengkaji unsur tanda dan unsur visual pada poster. Hasil penelitian dari analisis semiotika poster ini berisi mengenai unsur visual atau gambar yang ada di poster memiliki makna denotasi, konotasi, dan mitos yang berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Meksiko dan unsur visual dalam poster juga memberikan sedikit gambaran mengenai alur cerita film ini.

Kata kunci: Poster, Coco, Semiotika, Budaya, Roland Barthes

References

Daftar Pustaka

Amelinda, F. M., & Franzia, E. (2020). Analisis Elemen Visualisasi Budaya Kematian dalam Film Animasi “Coco.” Vol. 1, No, 14–27.

Ashari, Avisena. (2018). "Ingat Film Coco? Berikut 7 Budaya Ali Meksiko di Dalamnya" https://bobo.grid.id/read/08932534/ingat-film-coco-berikut-7-budaya-asli-meksiko-di-dalamnya?page=all/ Diakses pada 6 JUli 2023

Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia. Jurnal Barik, 3(1), 235–247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ JDKV/

Febimaesuri, N., & Pratama, D. R. (2021). Analisis Semiotika Komunikasi Visual pada Poster Iklan “Teh Pucuk Harum.” Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 3(2), 156– 160. https://doi.org/10.30998/vh.v3i2.987

Guerrero, Juan Carlos. "Mrigolds, papel picado and alebrijes: The visual language of the new Disney-Pixar film 'Coco'" https://abc7.com/thelanguage-of-coco-pixar-movies-newwalt-disney-world/2524370/ / Diakses pada 6 Juli 2023

Husaina, A., Haes, P. E., Pratiwi, N. I., & Juwita, P. R. (2018). Analisis Film Coco Dalam Teori Semiotika Roland Barthes. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol. 2, No, 53–70.

Lestari, T. U. (2019). Analisis Semiotik Film Air Mata Surga. 1–68. http://repository.umsu.ac.id/handle/12 3456789/5939%0Ahttp://repository.u msu.ac.id/bitstream/handle/12345678 9/5939/SKRIPSI TRI UTAMI LESTARI.pdf?sequence=1&isAllowe d=y

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Nugraha, A. A., Johari, A., & Pratama, G. (2022). Analisis Poster Film Turning Red dalam Teori Semiotika. FONDER : Journal of Visual Communication Design, 2(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/FI NDER/article/view/46234/pdf

Pangestuti, M. (2021). Analisis Semiotika Charles S. Pierce pada Poster Street Harassment Karya Shirley. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, & Pengajaran, 8(1), 25–33. https://journal.unismuh.ac.id/index.ph p/konfiks/article/view/4783

Sadewa, G. P. (2021). Coco: Relasi Keluarga Hingga Tradisi Budaya.

Sobur,Alex. 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726–733. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.40 3

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43.

Wirastama, Purba. (2017). "Lima Elemen Visual Meksiko dalam Film Coco" https://www.google.com/amp/s/www. medcom.id/amp/GbmJB39k-limaelemen-visual-meksiko-dalam-film- coco / Diakses pada 22 Juni 2023

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Utari Dewi Sulistyaningrum, D., & Sabri. (2024). NILAI DAN UNSUR KEBUDAYAAN PADA POSTER FILM COCO (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Film Coco) . Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 4(1), 38–53. https://doi.org/10.56869/jikoba.v4i1.496