TRANSFORMASI DIGITAL UMKM KOTA PALEMBANG
Keywords:
Transformasi, Digital, UMKMAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada
dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline)
menjadi digital (online). Saat ini internet sangat mendunia dalam kehidupan manusia. Bagi
masyarakat, internet memang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan banyak tugas, akan tetapi
ternyata internet pun membawa pengaruh dari hal-hal yang negatif pada mereka. Penggunaan
internet memang sangat membantu dan meringankan menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari terutama untuk pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki
usaha. Semakin meningkatnya jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di
Indonesia semakin signifikan terutama ditengah perkembangan teknologi komunikasi serta di
masa pandemi Covid-19 beberapa tahun ini. Pemanfaatan internet terbukti membantu pelaku
UMKM bertahan pada masa pandemi Covid-19. UMKM yang berada di garis depan guncangan
ekonomi selama pandemi Covid-19 terlebih ketika terjadi lockdown, telah menghentikan segala
aktivitas ekonomi secara tiba-tiba, terjadinya penurunan permintaan serta mengganggu rantai
perekonomian di seluruh dunia. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif.
Fokus penelitian pada metode penelitian kualitatif sekaligus membatasi penelitian guna
memilih mana data yang relevan. Penelitian ini akan difokuskan kepada transformasi digital
UMKM Kota Palembang. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui data yang sesuai dengan
tujuan penelitian yang objektif, maka peneliti menggunakan metode wawancara mendalam,
observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Digital transformation atau transformasi
digital adalah suatu perubahan metode dalam penanganan sebuah pekerjaan dengan
menggunakan teknologi informasi agar lebih efektif dan efisien. Transformasi digital juga
merujuk pada suatu proses perubahan ke masa depan (irreversible change) yang didasari pada
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan untuk memberikan nilai
tambah bagi organisasi dan korporasi. Transformasi digital menuntut perubahan radikal dari
proses bisnis konvensional menjadi proses bisnis digital. Pemanfaatan media sosial dan ecommerce memang dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli yang
dilakukan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya serta dapat meminimalkan biaya.
Namun masih banyak pula pelaku UMKM yang kurang mengerti dengan pemanfaatan media
sosial untuk memasarkan bisnisnya, mereka masih melakukan pemasaran secara tradisional
yaitu dengan memasarkan produk langsung kepada konsumen yang hanya mempunyai cakupan
wilayah yang masih kecil.