ANALISIS SEMIOTIKA “C.S PEIRCE” DALAM IKLAN TELEVISI
DOI:
https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.375Keywords:
Semiotika,, C.SPeirce,, IklanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang makna yang terkandung dalam iklan rokok Djarum 76 versi “Kontes Jin” ditinjau dari segi semiotika dengan judul Analisis Semiotika Makna Pesan Iklan Rokok Djarum 76 versi “Kontes Jin” di media televisi. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber datanya adalah video iklan tersebut yang diunggah melalui situs Youtube. Landasan teori yang digunakan adalah teori semiotika menurut C. S. Peirce, yang meninjau iklan dari enam unsur. Hasil penelitian ini adalah: unsur ikon menampilkan Jin Mesir, Jin Jepang, Jin Jawa dan sosok mirip Gayus Tambunan. Ikon landmark menampilkan Piramida, Gunung Fuji dan bunga Sakura. Unsur indeks menampilkan asap yang keluar dari kotak. Unsur simbol adalah atribut yang dikenakan oleh Jin Mesir, Jin Jepang, Jin Jawa, para penonton dan unta serta tulisan “KASUS KORUPSI” pada kotak kardus. Unsur rheme secara visual terlihat adanya panggabungan tiga akulturasi budaya yaitu Mesir, Indonesia dan Inggris. Unsur Decisign adalah para pejabat yang bergembira karena aksi Jin Jawa yang berhasil menghilangkan berkas kasus korupsi, Kegembiraan mereka dapat diartikan apabila diantara mereka yang terlibat korupsi dapat bebas dikarenakan tidak adanya bukti dari perbuatan mereka tersebut. Dapat diartikan juga, apabila diantara mereka yang ingin melakukan korupsi mereka tidak perlu ragu ataupun takut dengan hukum karena mereka dapat meminta bantuan jin. Unsur Argumen adalah dari cuplikan iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa kasus korupsi di Indonesia umumnya terjadi di kalangan pejabat kepemerintahan dan pegawai negeri.