STRATEGI MARKETING POLITIK BOBBY NASUTION DAN AULIA RACHMAN DI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA KOTA MEDAN 2020

Authors

  • Ahmad Baihaqi Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nani Nurani Muksin Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fal. Harmonis Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Asep Setiawan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Leti Karmila Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.361

Keywords:

Marketing,, Push Marketing,, Pull Marketing,, Pass Marketing,, Selective Self-Presentation,, Verbal cues,, Many-to-many communication

Abstract

Salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia politik adalah marketing. Dalam event Pemilihan Kepala Daerah, dibutuhkan strategi marketing yang baik dan tepat agar pasangan calon dapat diterima dan mendapat perhatian serta dukungan masyarakat. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi marketing politik Bobby-Aulia di media sosial. Penelitian ini menggunakan teori strategi marketing politik yang meliputi push, pull, dan pass marketing yang diaplikasikan di media sosial (Computer-Mediated Communication) yang terdiri dari Selective Self-Presentation, Verbal cues atau pesan teks, dan Many-to-many communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Data didapat dengan melakukan wawancara mendalam kepada beberapa narasumber terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bobby-Aulia telah menyampaikan pesan-pesan berulang di media sosial dengan metode informatif dan edukatif, namun masih kurang persuasif. Secara garis besar, strategi marketing komunikasi politik yang dilakukan sudah cukup optimal.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Ahmad Baihaqi, Nani Nurani Muksin, Fal. Harmonis, Asep Setiawan, & Leti Karmila. (2022). STRATEGI MARKETING POLITIK BOBBY NASUTION DAN AULIA RACHMAN DI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA KOTA MEDAN 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.361