STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL SWARNA DWIPA PALEMBANG PADA MASA PANDEMI COVID - 19

Authors

  • Leti Karmila Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, Palembang
  • Adli Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, Palembang
  • Adi Permana Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana, Bandung
  • Dendi Prayoga Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, Palembang
  • Ahmad Baihaqi Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.359

Keywords:

Komunikasi Pemasaran,, Hotel Swarna Dwipa,, Pandemi Covid-19

Abstract

Kondisi pandemi   Covid-19   membawa   dampak   yang   sangat   besar   pada penurunan perekonomian masyarakat di Indonesia dan dunia. Pandemi Covid-19 telah merubah banyak hal termasuk kehidupan  masyarakat  serta para  pelaku  bisnis  salah  satunya  yakni  jasa  perhotelan. Hotel Swarna Dwipa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak oleh pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi  pemasaran  yang  dilakukan  oleh  Hotel Swarna Dwipa dalam  meningkatkan  minat  pengunjung  di  masa  pandemi  Covid-19. Metode penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan  deskriptif dan  teknik  pengumpulan  data  melalui  wawancara  dan  dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Swarna Dwipa di masa pandemi Covid-19 sudah mengacu kepada 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Di masa pandemi Covid-19 Hotel Swarana Dwipa melakukan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, mengadakan promosi dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak   dalam  upaya  mempromosikan Hotel kepada konsumen guna meningkatkan minat pengunjung.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Leti Karmila, Adli, Adi Permana, Dendi Prayoga, & Ahmad Baihaqi. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL SWARNA DWIPA PALEMBANG PADA MASA PANDEMI COVID - 19. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(1), 15–23. https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.359