Pengaruh Imunostimulan dari bahan-bahan alami pada Ikan dalam Meningkatkan Imun non-spesifik untuk Melawan Penyakit (Review)

Authors

  • nuri muahiddah Universitas Mataram
  • Wastu Ayu Diamahesa Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.56869/clarias.v3i2.397

Keywords:

Ikan, imunostimulan, imun non-spesifik,, bahan alami, penyakit ikan

Abstract

Produksi budidaya perikanan memegang peranan penting untuk memenuhi gizi masyarakat dunia. Tingginya permintaan dari tahun ke tahun perlu diimbangi dengan jumlah produksi perikanan. Akan tetapi untuk memenuhi produksi dan permintaan tersebut masih memiliki kendala dari banyaknya serangan penyakit pada industri budidaya ikan. Alternatif solusi yang terus diteliti beberapa tahun ini untuk menanggulangi penyakit pada ikan adalah dengan pengunaan imunostimulan dari bahan-bahan alami. Penggunaan bahan-bahan alami untuk imunostimulan dapat meningkatkan imun non-spesifik ikan untuk menangkal serangan penyakit dan ramah ligkungan. Pemberian imunostimulan dapat dilakukan secara oral melalui pencampuran dengan pakan ikan. Imunostimulan dari bahan alam seperti bawang putih (Aleium sativum), Jamur (Glucan, Gonoderma lucidum, Lonicera Japonica, Viscum album (mistletoe), Urtica dioica (Jelantang), Jahe (Zingiber offinale) mampu meningkatkan sistem imun non-spesifik pada ikan Raibow trout (Oncorhynchus mykiss), Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus), Ikan mas (Cyprinus carpio), Kerapu Bebek (Ephinephelus fuscogattus), dan Patin (Pangasius sp.). Imunostimulan tersebut meningkatkan imun non-spesifik seperti total haemocyte count, aktivitas fagositosis, fenoloksidase, fagositik, respitory burst, superoksida dismutase, total protein plasma. Imunostimulan dari bahan alami tersebut juga dapat melawan serangan penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrhophila maupun penyakit Vibriosis yang disebakan oleh Vibrio parahaemolyticus disebakan dengan meningkatkan survival rate dari pada Ikan yang tidak diberikan imunostimulan.

 

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

nuri muahiddah, & Wastu Ayu Diamahesa. (2022). Pengaruh Imunostimulan dari bahan-bahan alami pada Ikan dalam Meningkatkan Imun non-spesifik untuk Melawan Penyakit (Review). Clarias : Jurnal Perikanan Air Tawar, 3(2), 37–44. https://doi.org/10.56869/clarias.v3i2.397