Lele Dumbo (Clarias sp.) : Cara Pemasaran, Faktor Pendukung dan Penghambat
DOI:
https://doi.org/10.56869/clarias.v3i2.396Keywords:
Clarias sp, Lele Dumbo, Pemasaran Lele DumboAbstract
Tujuan dari study ini untuk menganalisis secara singkat tentang cara pemasaran, faktor pendukung dan faktor penghambat pada budidaya lele dumbo (Clarias sp.) yang nantinya dapat memberikan gambaran singkat terhadap pembudidaya ikan lele di Indonesia. pengumpulan data sepenuhnya dilakukan dengan study pustaka. Data sekunder dikumpulkan dengan cara mengkaji dari referensi berupa jurnal dan artikel online. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan search engine dari Google dengan kata kunci budidaya ikan lele. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Dari hasil kajian didapatkan bahwa perlu adanya perhatian khusus tentang strategi pemasaran dimana harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan pemasaran secara digital seperti platform market place dan social media. Serta perlu diperhatikan faktor pendukungnya yaitu minat konsumen, ketersediaan benih, benih lele yang unggul, kebersihan lingkungan, dan jaringan pemasaran yang lancer dan diperhatikan faktor penghambat seperti teknik promosi yang digunakan kurang efektif dan kurangnya jaringan pemasaran yang dimiliki, produktivitas yang masih rendah, kualitas dan kuantitas benih rendah, tingginya harga pakan, kurangnya penanganan terhadap munculnya penyakit, terbatasnya informasi teknologi dan pasar, resiko menurunnya kualitas ikan dalam distribusi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
CC Attribution-ShareAlike 4.0