ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PEMPEK DI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Gemala Cahya Politeknik Negeri Sriwijaya
  • eka nurrizah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • ahlam inayatullah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Selly Ratna Sari Universitas Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56869/clarias.v3i2.395

Keywords:

perilaku, konsumen, pempek

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor merek, faktor produk, faktor harga dan faktor lokasi terhadap perilaku konsumen pempek di Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan di Pempek Lala, Chaplin, Sultan, Flamboyan, Beringin, dan Terkenal di Palembang, Sumatera Selatan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) mengingat semakin banyak objek dengan variabel harga yang berbeda diharapkan jangkauan responden semakin merata. Penelitian dilakukan secara luas pada bulan Mei hingga Juni 2017. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan situasi yang memerlukan teknik pengumpulan data tertentu seperti wawancara, kuesioner atau observasi dengan harapan memperoleh gambaran nyata di lapangan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh faktor Lokasi, Merek Produk, dan Harga dengan persamaan regresi Y = 0,476 X1 0,335 0,177 X2 0,182 X3 0,247 X4 e dan nilai F terbesar mencapai signifikan 60,434 pada α = 1%.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Gemala Cahya, eka nurrizah, ahlam inayatullah, & Selly Ratna Sari. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PEMPEK DI KOTA PALEMBANG. Clarias : Jurnal Perikanan Air Tawar, 3(2), 20–30. https://doi.org/10.56869/clarias.v3i2.395