Implementasi CRM dengan Metode Crosselling dan Upselling Berbasis Web untuk Peningkatan Penyewaan Mobil pada Cahaya Rental Mobil
DOI:
https://doi.org/10.56869/klik.v5i2.618Keywords:
Website, Costumer Relationship Management, Upselling, CrossellingAbstract
Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Persaingan bisnis yang sangat ketat akan sangat memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Adapun kondisi yang terdapat pada cahaya rental mobil antara lain pada proses pemasaran perusahaan masih belum memiliki media online untuk menyampaikan informasi produk yang akan diberikan kepada pelanggan. Dari hasil permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis yakni dengan cara melakukan analisa kebutuhan, pengguna dan fasilitas yang dibutuhkan oleh cahaya rental mobil . Berdasarkan hasil analisis permasalahan yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat dirancang suatu perangkat lunak dengan melakukan penerapan sistem customer relationship management dengan metode crosselling dan upselling berbasis web untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dan dapat membantu dalam pengolahan data sewa serta menampilkan informasi mobil yang dibutuhkan oleh pelanggan.
References
Adhi Tama, Bayu. 2009. CrossSelling: Perangkat Utama Customer Relationship Management (Crm) Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.Available:http://eprints.unsri.ac.id/1071/1/makalah_seminar_kenaikan_jabatan_ke_lektor_12_mei_2012.pdf
Buttle. 2007. Customer Relationship Management: A strategic Imperative in The World of e-Bussines, Canada : penerbit John & Sons
Dolo, Fernan. 2013. Perancangan Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Pt. Viva Buana Tour Dan Travel Salatiga. Available:http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/3958/2/t1_682009803_f ull%20text.pdf.
Fathansyah. 2007. Basis Data. Bandung : Penerbit Informatika.
Gautama. 2011. Relationship Marketing Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Customer Relationship Management untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Available: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1350/113
Kristanto, Andri. 2008.Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Gava Media.
Kurniawan. 2009. Penerapan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Web Dalam Bidang Jasa. Available: http://wiechan.blog.binusian.org/files/2009/06/penerapan-crm-basis-web
Nugroho, Bunafit. 2005. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Ovi Dyantina, dkk. 2012. Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran Di Toko Yen-Yen). Available: http://eprints.dinus.ac.id/15317/1/jurnal_15373.pdf
Tommy Thendean, dkk. 2004. Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Pt. Aneka Prima Permai Tour And Travel. Available: http://thesis.binus.ac.id/doc/a/lhm2004-0033.pdf
Whitten, L Jeffery. 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem. Yogyakarta : penerbit Andi
L. Ryals and S. Knox, "Cross-Functional Issues in the Implementation of Relationship Marketing Through Customer Relationship Management," European Management Journal, vol. 19, p. 534-542, 2001.
Z. Lun, L.Jinlin, and W. Yingying, "Customer relationship management system framework design of Beijing Rural Commercial Bank," in IEEE International Conference on Service Operations and Logistics, and Informatics (SOLI 2008), 2008, pp. 97-101.
G. Zhang, Y. Chen, and C. Fu, "A study on the relation between enterprise competitive advantage and CRM based on data mining," in International Technology and Innovation Conference (ITIC 2006), 2006, pp. 1710-1714.
M. Maleki and D. Anand, "The Critical Success Factors in Customer Relationship Management (CRM) (ERP) Implementation," Journal of Marketing & Communication, vol. 4, pp. 67-80, 2008.
L. Fahey, R. Srivastava, J. S. Sharon, and D. E. Smith, "Linking e-business and operating processes: The role of knowledge management," IBM Systems Journal, vol. 40, pp. 889-907, 2001.
R. K. Srivastava, T. A. Shervani, and L. Fahey, "Marketing, Business Processes, and Shareholder Value: An Organizationally Embedded View of Marketing Activities and the Discipline of Marketing," Journal of Marketing, vol. 63, pp. 168-179, 1999.