Pengembangan Sistem Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan pada Coffeeshop

Authors

  • Sundari Melisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hesyah Mayusdilla Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Redho Zulfanur Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • M. Rafi Alfarizi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sri Rahayu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56869/klik.v5i1.600

Keywords:

Manajemen proyek, sistem informasi, metode waterfall, pengelolaan tugas, coffeeshop

Abstract

Sistem informasi manajemen proyek berbasis web memainkan peran krusial teruntuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, khususnya di sektor coffeeshop yang memerlukan pengelolaan informasi yang terintegrasi dan transparan. Penelitian ini bertujuan teruntuk merancang sistem informasi manajemen proyek bagi Dekultur Coffee menggunakan metode waterfall, yang memastikan proses pengembangan dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Sistem ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan, termasuk penyajian informasi, pengelolaan tugas, dan kolaborasi antarstaf, melalui fitur utama seperti pelacakan progres proyek secara real-time, manajemen tugas, pelaporan terintegrasi, dan pengelolaan sumber daya berbasis web. Dengan pendekatan tinjauan literatur, penelitian ini berhasil mengidentifikasi kebutuhan utama dan menerjemahkannya menjadi solusi sistem yang inovatif, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan sekaligus efisiensi operasional. Hasil penelitian memperlihatkan sistem informasi tersebut tidak hanya bisa meningkatkan efisiensi dan transparansi operasional Dekultur Coffee, tetapi juga memiliki potensi untuk diterapkan di berbagai sektor lain yang membutuhkan solusi manajemen proyek yang serupa. Dengan demikian, sistem ini bisa berkontribusi signifikan teruntuk keberlanjutan dan kemajuan operasional Dekultur Coffee serta menjadi model inovasi dalam pengelolaan proyek.

Downloads

Published

22-03-2024