SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (RUP) PADA PT ABC

Authors

  • Anggoro Aryo Pramuditho Universitas Multi Data Palembang
  • Ubaidillah Ubaidillah Universitas Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.353

Keywords:

Manajemen Hubungan Pelanggan, Metode RUP, PHP, Javascript, MySQL

Abstract

PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, menyediakan berbagai produk untuk mendukung infrastruktur di bidang teknologi, security system, Private Automatic Branch eXchange (PABX), telekomunikasi dan jaringan. Perusahaan memiliki permasalahan yaitu tidak adanya dukungan review dan komentar, kurangnya informasi mengenai produk dan layanan, serta penyimpanan data pelanggan yang tidak maksimal. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan memerlukan strategi bisnis yaitu dengan menerapkan konsep Manajemen Hubungan Pelanggan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan sistem informasi manajemen pelanggan berbasis website. Metodologi yang digunakan untuk membangun sistem informasi manajemen pelanggan adalah metode RUP (Rational Unified Process). Implementasi sistem akan menggunakan bahasa pemrograman PHP (codeigniter), javascript dan MySQL sebagai databasenya. Pembuatan sistem yaitu memberikan informasi yang up to date kepada pelanggan, selain itu memudahkan pelanggan untuk memberikan masukan dan saran sehingga PT ABC dapat memberikan pelayanan prima dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

22-03-2022