ANALISIS PENGUKURAN MODEL SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN TEORI JACOB NIELSEN

Authors

  • Ery Hartati Universitas MDP, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56869/klik.v2i2.320

Keywords:

learning management system, SPON, teori Jacob Nielsen, evaluasi usability

Abstract

Sistem Pembelajaran Online (SPON)  merupakan media pembelajaran e-learning antara dosen dan mahasiswa di  universitas Multi Data Palembang. SPON mulai digunakan untuk membantu proses pembelajaran  sampai dengan sekarang. Semenjak adanya COVID-19 penggunaan SPON semakin meningkat. Sejak digunakan pada tahun 2019, belum ada penelitian mengenai evaluasi usability/kebergunaan dari learning management system SPON sehingga perlu adanya penelitian mengenai evaluasi usabillity untuk mengetahui kualitas SPON dan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan sistem pembelajaran online (SPON) dalam proses perkuliahan pada universitas Multi Data Palembang. Penelitian ini menggunakan teori Jacob Nielsen untuk mengukur kebergunaan sistem pembelajaran online (SPON) pada universitas Multi Data Palembang. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk pengukuran kebergunaan learning management system (SPON) dari sisi pengguna dan menjadi acuan untuk pengembangan SPON di masa yang mendatang. Berdasarkan perhitungan rata – rata keseluruhan variabel Jacob Nielsen kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa learning management system SPON berada di kategori sangat baik yang berarti bahwa SPON merupakan e-learning yang sangat usable/dapat digunakan untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar online pada Universitas Multi Data Palembang, sehingga di dapat hasil yang sangat significant untuk kelanjutan proses belajar dan mengajar yang dilakukan dilingkungan kampus Universitas Multi Data Palembang.

Downloads

Published

16-09-2021